Kamis, 05 Mei 2011

CARA DAFTAR BLOG

“INTERNET”,sebuah dunia yang tidak asing lagi bagi sebagian besar orang di dunia ini. Dalam keseharian kita, dengan sangat mudah kita mengkonsumsi (menggunakan) internet untuk berbagai keperluan kita sehari-hari. Mulai dari Browsing,Chatting, Bloging,buka faceboo,friendster,live conector, dll. Namun rasanya belum lengkap bagi seorang netter(pemakai internet) kalau belum punya blog.
Blog sendiri awal mulanya hanya digunakan sebagai diary saja, namun seiring perkembangan jaman, blog digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari, mulai sebagai ,tempat berbagi ilmu,media promosi hingga digunakan untuk internet marketing.

Aduh…! dari tadi ngomongin opo sech? Kapan mau buat blognya?
Oke dech, langsung saja.

Sebelum membuat blog kita harus tau siapa saja penyedia blog tersebut. “Emang ada siapa saja? Terus ada yang GRATIZ ga?” ada banyak penyedia blog di dunia ini termasuk yang GRATISAN, seperi blogger.com/blogspot.com, wordpress.com, dll.

Cara membuat blog yang paling mudah bagi para newbie(pemula) adalah menggunakan fasilitas BlogSpot / Blogger. BlogSpot adalah fasilitas yang diberikan secara gratis oleh google dan sangat banyak penggunanya.hal ini disebabkan karena kemudahan untuk membuat, mengedit, dan mengotak-atiknya. Berikut ini cara membuat membuat blog di blogspot.

1. Buka situs www.blogger.com


2. Registrasi Google Account
Untuk menggunakan fasilitas blogspot, kita harus mendaftar Google Account terlebih dahulu, caranya sangat mudah. Dari halaman depan Blogger.com , klik tanda panah yang bertuliskan "Ciptakan Blog Anda Sekarang", dan kemudian akan muncul halaman registrasi. Anda diminta untuk mengisi form pendaftaran google account.


Bila sudah selesai klik tanda panah “Lanjutkan”.

3. Membuat identitas blog.
Setelah registrasi google account selesai, kita akan di minta lagi untuk memilih judul dan alamat(url) blogspot yang kita inginkan.

Bila sudah selesai klik tanda panah “Lanjutkan”.

4. Memilih template (tampilan blog)
Langkah selanjutnya adalah memilih template / tampilan blog. Blogspot menyediakan beberapa template sederhana yang bisa langsung kita pakai. Pilih saja salah satu yang kita sukai.


Bila sudah selesai klik tanda panah “Lanjutkan”.

Note: jika suatu saat kita ingin menggantinya, itu sangat mudah.klik disini untuk panduan memper-indah template.
5. Mengisi blog (Posting)
Seletah memilih template blog, kita akan dibawa ke sebuah jendela yang akan digunakan untuk mengisi posting pertama. isi posting tersebut dengan posting kita, bisa tentang apa saja.


Pada kotak di depan kata “Judul” tulis judul posting kita, misalkan “Ini posting pertama gue”.

Terus pada kotak berikutnya(kotak gede) isi dengan postingan kita.

Pada kotak “Label untuk posting ini” ketikan untuk label postingan kita, misalnya:”posting pertama,tulisan pertama”, dll.

Terus untuk penggunaan tool lainnya saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi, soalnya sudah biasa di gunakan pada software lain,seperti,ms word,ms excel,dll.

6. Terus klik tombol”MEMPUBLIKASIKAN POSTING“

7. Selesai dech. Untuk melihat blog anda “Lihat Blog(di jendela baru)”.

Saya mohon maaf atas segala kekurangan blog ini. Untuk kritik, saran, komentar silahkan poskan komentar anda pada kotak komentar dibawah.

Diposkan oleh go2usman di 20:09 0 komentar Link ke posting ini
Label: ciptakan blog
Manfaatkan google donk!!
Internet merupakan sumber dari segala berita yang up to date setiap hari. Maka tidak heran kalau orang2 bilang di internet biasa mencari segala suatu berita atau hal lainnya dengan menggunakan seacrch engine:seperti google

, yahoo, altavista, dll. Sebagian besar manusia yang nge-net adalah browsing, terutama orang2 pemula yang segala tidak tahu.
Memang benar, dengan googling kita bisa menemukan berbagai hal di internet. tapi tidak sedikit orang yang tersesat ke halaman web/blog yuang tidak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Salah satu pernyebabnya karena minimnya pengetahuan mereka pada teknik SEO(search Engine Optimazation) . Apa itu teknik SEO? teknik SEO adalah teknik memanfaatkan mesin pencari agar kita bisa mendapatkan apa yang kita cari dengan benar.
Ada beberapa teknik yang biasa digunakan sesuai kebutuhan yaitu sebagai berikut:

tetukan keyword secara spesifik. Maksudnya adalah menggunakan kata yang lebih khusus ketimbang yang lebih umum.Contoh kata "kriminalitas di kota jakarta".kata kriminalitas merupakan kata yang lebih umum ketimbang kata pencopertan, pembunuhan, pemerkosaan,dll.
Mengunakan tanda petik pada satu prasa, seperti prasa "cari duit dari internet" maka hasil pencarian hanya akan muncul halaman web/blog yang mengadung frasa tersebut.
Menggunakan penyambung AND. kata AND digunakan apabila ingin mencari dua atau lebih kata/frasa dalam satu halaman, contoh internet AND uang atau "mencari uang" AND "internet marketing".tapi inget kata AND harus huruf kapital semuanya, jika tidak maka pencarian akan biasa saja.
Tentukan jenis file yang kita inginkan dengan menggunakan format filetype: , contoh keyword : "cara membuat Blog" filetype:doc. >>>>>doc (ms word), xls (ms. Excel), dan yang lainnya anda bisa cari sendiri.
Menetukan kata dari web/blog mana yang kita inginkan dengan menggunakan site: contoh: "pembunuhan di jakarta" site:www.compas.com .maka halaman yang muncul hanya dari web kompas saja.

Oke.hanya ini saja yang bisa saya posting untuk saat ini.Selamat bersenang-senang dengan pencarian anda.
"semoga kita semua menjadi orang yang sukses".amin

Comments

0 komentar:

Desigend by : Ashar-Antek Ashar-redland.blogspot.com