Sabtu, 02 Juli 2011

Tutorial Mapinfo-membuat kontur dari data point

Untuk membuat kontur dari data point di MapInfo, kita memerlukan software addons seperti Encom Discover, yang akan saya gunakan dalam tutorial kali ini. Anda bisa me-request software trial dari website Encom. Hasil akhir dari data yang saya contohkan adalah seperti gambar berikut ini.
Grid Contour

Grid Contour

1. Pertama siapkan data anda yang terdiri dari xyz (easting, northing dan elevation). Elevasi ini bisa anda ganti dengan data lain misal geochemistry dll.
Data points

Data points

2. Buatlah point dari data tersebut. caranya klik Table|Create Points, sehingga menjadi seperti dibawah ini.
Create point

Create point

3. Aktifkan Surface menu dari Discover. Caranya Klik Discover|Surface Menu. Kemudian akan muncul Surface menu di sebelah kanan menu Discover. Klik Surface Menu|Create Grid. Kemudian akan muncul menu seperti dibawah ini. Pastikan anda memilih point yang baru saja anda buat.
Create Grid

Create Grid

4. Kemudian akan muncul menu Interactive Gridding. Sesuaikan data anda dengan menu di Interactive Gridding tersebut. Kalau sudah tekan SAVE.
Interactive Gridding

Interactive Gridding

5. Sampai disni kita sudah selesai membuat grid. Kita tinggal melanjutkan untuk membuat kontur nya.

6. Untuk membuat kontur dari grid tersebut, klik menu Surface|Contour a grid. Tentukan interval grid dan aktifkan pilihan contour smoothing untuk membuat garis kontur nya halus.

7. Hasil akhir adalah seperti ini. Anda bisa memodifikasi sesuai dengan data anda.

Desigend by : Ashar-Antek Ashar-redland.blogspot.com